Perlindungan Hak Merek

Apakah Anda ingin membuat merek untuk perusahaan, produk atau layanan tertentu – atau hanya ingin membuat merek pribadi Anda sendiri yang dibangun berdasarkan siapa Anda dan apa yang Anda kuasai – tiga hal penting untuk menciptakan merek pada dasarnya tetap sama: Keunikan , Fokus, dan Penerimaan. Keunikan dan Fokus yang Anda kendalikan – hampir secara eksklusif. Mengenai Penerimaan, Anda pasti memiliki pengaruh, pengaruh, tetapi dalam hal kontrol, itu tidak hak merek sepenuhnya ada di tangan Anda.

Baik itu perusahaan, produk, layanan, atau diri Anda sendiri, semakin unik item yang Anda harapkan untuk diberi merek, semakin besar peluang untuk mengembangkan mereknya. Anda akan melihat bahwa saya akan terus menggunakan “item” daripada mengulang “perusahaan, produk, layanan …” dll. Namun ingat satu hal yang perlu diingat saat Anda memulai proses: Memberi nama pada item tidak sama sebagai menciptakan merek. Nama itu – bahkan nama Anda jika Anda membuat merek individual Anda – dapat menjadi merek seiring waktu dan dengan usaha keras, tetapi nama bukanlah merek. Tentu tidak pada awalnya.

Untuk memulai prosesnya, jelaskan dengan jelas semua cara yang membuat item tersebut, subjek upaya pembuatan merek Anda, unik. Bukan hanya satu atau dua perbedaan yang jelas, tetapi semuanya. Bagaimana item Anda dibandingkan dengan masing-masing kompetitor? Menganalisis item Anda dengan cara itu – terhadap masing-masing pesaing – biasanya memberikan daftar yang lebih panjang tentang manfaat dan fitur unik item Anda.

Ngomong-ngomong, perlu diketahui bahwa ada perbedaan besar antara manfaat dan fitur. Fitur mengikat item. Contoh: Casing atase dengan pegangan yang empuk. Manfaat mengikat konsumen, apa untungnya bagi mereka. Namun, fitur dapat dibuat agar tampak sebagai manfaat. Contoh: Jika pegangan berbantalan itu diiklankan sebagai “Termasuk pegangan yang empuk dan empuk untuk menambah kenyamanan.”

Jika berbicara tentang Fokus, ada tiga area yang harus dipusatkan: Pesan, media, dan target pasar. Pesannya – sebenarnya beberapa di antaranya – harus dibuat dengan hati-hati dan profesional. Media dapat bervariasi dari iklan cetak dan siaran hingga blog dan buletin, situs web dan halaman arahan, hingga surat langsung dan email. Adapun pasar Anda dari pengguna / pembeli potensial, itu harus ditargetkan sesempit mungkin agar tidak menyia-nyiakan dolar pemasaran yang berharga pada yang tidak tertarik.

Sekarang datanglah Penerimaan, dan itu membutuhkan waktu. Terkadang berbulan-bulan, terkadang bertahun-tahun. Saatnya bagi mereka yang berada di pasar sasaran Anda untuk membeli dan menggunakan barang Anda, terpikat dengannya, terpikat padanya, memberi Anda umpan balik – baik dan buruk. Dan waktu bagi Anda untuk menanggapi, semoga dengan cara yang ramah pelanggan, untuk komentar pro dan kontra yang pasti Anda terima. Bagaimana Anda menanggapi, dan bagaimana pembeli Anda memandang tanggapan Anda – cukup cepat, cukup perhatian, cukup lengkap – sebenarnya adalah satu-satunya sisa kendali yang Anda miliki atas proses Penerimaan.

Menciptakan merek sebenarnya sesederhana itu. Meskipun Anda mungkin memiliki kendali atas sebagian besar elemen dari proses tersebut, jangan bingung proses tersebut dengan “branding”, kata yang terdengar serupa tetapi dengan arti yang sama sekali berbeda. Branding mengacu pada proses di mana pelanggan pada akhirnya menerima perusahaan, produk, layanan – atau individu dengan keahlian khusus Anda. Hanya penerimaan pembeli – dalam jumlah besar – yang pada akhirnya menciptakan “merek” Anda. Segala sesuatu yang lain ke titik itu hanyalah sebuah nama.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *